Pura Luhur Uluwatu: Tari Kecak Berlatar Sunset Kuning Keemasan

Lokasinya terletak di bibir karang yang curam, namun dari waktu ke waktu tempat yang satu ini tetap ramai dikunjungi wisatawan karena keindahannya. Ya, apalagi jika bukan Pura Luhur Uluwatu dengan segala keindahan disekitarnya sejauh mata memandang.

Pura yang terletak di tepi tebing karang dengan ketinggian hampir mencapai 100 meter ini dalam kebudayaan Hindu Bali memiliki status sebagai Pura Sad Kahyangan Jagat atau Pura penyangga poros mata angin pulau Bali. Nama Uluwatu sendiri diabil dari bahasa sansekerta yang berarti puncak batu karang.

Seperti kata pepatah “sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui”, mengunjungi Pura Luhur Uluwatu Bali kita dapat menikmati berbagai wisata sekaligus. Mulai dari wisata religi hingga wisata alam sekitar kompleks Pura.

Lokasi & Harga Tiket Masuk Pura Luhur Uluwatu

Sebelum mengunjungi Pura Uluwatu, ada baiknya jika kalian mengetahui dahulu beberapa informasi penting ini. Tujuannya agak kamu dapat membuat jadwal kegiatan sehingga kalian tidak ketinggalan aktifitas seru di tempat ini.

  • Lokasi Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali
  • Kompleks Pura beroperasi mulai pukul 7.00 pagi hingga 18.300 WITA. Dan bagi yang berminat untuk menyaksikan Kecak Dance Uluwatu, pertunjukan dimulai pada pukul 18.00 – 19.00 WITA.
  • Harga tiket masuk sebesar Rp 20.000 untuk orang dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak.

Aktifitas Seru di Pura Luhur Uluwatu Bali

Setidaknya ada 4 aktifitas seru yang patut dicoba saat berkunjung ke kompleks Pura Luhur Uluwatu. Yuk cek dibawah ini:

Mengabadikan Sunset atau Matahari Terbenam

Mengingat kompleks Pura tepat berada di tebing tepi laut yang menghadap ke arah barat menjadikan Purah Uluwatu sebagai spot terbaik untuk menikmati fenomena sunset hingga langit menjadi gelap sempurna.

Sunset di Pura Luhur Uluwatu

Pura Uluwatu merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset di Bali (Foto: baliinspirationtour.com)

Sunset kuning keemasan berbalut suasana magis pura suci ini merupakan magnet tersendiri bagi para pecinta fotografi domestik dan mancanegara untuk mengabadikannya melalui lensa kamera.

Menikmati Keindahan Alam di Sekitar Pura

Berbeda dengan Pura Lempuyang Luhur dimana para wisatawan dapat menikmati kesejukan khas pegunungan, di Pura Luhur Uluwatu kalian dapat menemukan pantai dengan kawasan hijau masih alami dan tergolong terawat kebersihannya.

Kawasan Pura Luhur Uluwatu juga merupakan salah satu spot terbaik bagi para penggemar dunia fotografi. Kalian bisa mengabadikan banyak hal di tempat ini dari tebing setinggi 97 meter mulai dari kawasan hijaunya, desa adat dengan tradisi Hindu khas Bali yang masih dijaga sedemikian baiknya, fenomena tenggelamnya matahari di sore hari sampai mengabadikan kepiawaian para peselancar menaklukkan ombak.

Pertunjukan Tari Kecak Uluwatu

Selain menikmati sunset dan keindahan alam di sekitar kawasan Pura, ada satu pertunjukan yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Pura Luhur Uluwatu yaitu Tari Kecak.

Tari Kecak atau sering juga disebut Tari Cak oleh masyarakat Bali merupakan tarian dengan jumlah personil kurang lebih 50 – 100 orang yang didominasi oleh pria. Tarian yang masih tergolong sakral ini umumnya membawakan kisah pewayangan Ramayana dalam ceritanya.

Kalian dapat menikmati pertunjukan Tari Kecak Uluwatu setiap hari senin sampai minggu (kecuali hari raya Nyepi dan Pengerupukan) dan biasanya dimulai pada pukul 18.00 – 19.00 waktu setempat dengan durasi show selama 60 menit. Harga tiket untuk sekali pementasan sebesar Rp 100.000 per orang.

Surfing di Salah Satu Spot Terbaik

Selamat bagi kalian pecinta olahraga surfing karena kamu datang ke tempat yang tepat! Sudah bukan rahasia lagi jika laut sekitar Pura Luhur Uluwatu termasuk salah satu dari 5 spot surfing terbaik di Bali.

Uluwatu Surf

Salah satu dari 5 spot surfing di Bali untuk level Experienced dan Pro (Foto: s-resorts.com)

Meskipun jaraknya tidak begitu jauh dengan Tanjung Benoa namun kondisi lautnya lumayan berbeda. Disini ombak setinggi 4 hingga 5 meter sudah menanti untuk kalian taklukkan. Selain ombak yang terbilang cukup tinggi, laut di daerah ini sangat terkenal karena arah anginnya terbilang sulit untuk di prediksi dan dapat berubah sewaktu-waktu. Spot surfing Uluwatu dijamin akan memberikan tantangan tersendiri untuk menaklukkannya.

Tips Saat Berkunjung ke Pura Luhur Uluwatu

Berikut ini beberapa tips yang perlu kalian perhatikan sebelum mengunjungi Pura Luhur Uluwatu untuk memaksimalkan liburan kamu:

  • Meskipun Pura Luhur Uluwatu Bali buka mulai pukul 7 pagi, namun lebih disarankan untuk datang menjelang sore hari karena di siang hari udara disini tergolong sangat panas. Lagipula Tari Kecak mulai pukul 8 sore.
  • Bagi yang membawa kamera ada baiknya untuk membawa baterai dan memory card cadangan serta pastikan ponsel anda dalam keadaan full charge.
  • Tidak disarankan untuk menggunakan perhiasan berlebihan. Dilingkungan sekitar pura terdapat banyak monyet. Benda-benda berkilauan akan menarik perhatian mereka untuk mendekat.
  • Pengunjung wanita yang sedang datang bulan tidak diizinkan untuk masuk kedalam kompleks Pura.
  • Tidak diperkenankan memakai pakaian terbuka / kurang sopan. Gunakan pakaian tertutup (terutama bagi pengunjung wanita) untuk menghormati Pura sebagai tempat ibadah umat Hindu.
  • Ikuti semua arahan dari pemandu / guide anda.

Gimana, menarik bukan? Nah mulai sekarang lebih baik susun jadwal liburanmu sebaik mungkin karena pastinya bakal rugi banget jika kalian berlibur ke Bali tapi tidak menyempatkan diri untuk menonton Tari Kecak atau sekedar menikmati sunset di Pura Luhur Uluwatu!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *