Pantai Kuta Bali – Maskot Wisata Pulau Dewata

Bali dan Pantai Kuta sudah menjadi 2 hal yang tak terpisahkan. Pantai yang mendapat pengakuan internasional sebagai salah satu pantai terbaik ini menjadi salah satu destinasi andalan Pulau Bali. Tak heran jika setiap wisatawan pasti mengagendakan untuk datang kesini saat berlibur ke Bali.

Pantai Kuta sendiri terletak di selatan kota Denpasar tepatnya di kabupaten Badung dengan luas 17,52 km2 serta berbatasan langsung dengan samudera Hindia.

Walaupun berbatasan langsung dengan samudera, pantai kuta tergolong aman kok untuk melakukan berbagai aktifitas karena pihak pengelola sudah menempatkan beach lifeguard untuk memantau dan menjaga keamanan selama kalian berada di area pantai.

Sejarah Pantai Kuta Bali

Sebelum namanya tersohor ke mancanegara dan menjadi salah satu wisata pantai paling mendunia, pantai ini dulunya menjadi pusat perdagangan untuk memasarkan produk-produk lokal ke luar Bali.

Namun sekitar abad ke-19, Mads Lange yang merupakan seorang pedagang asal Denmark dengan kepiawaiannya melakukan negosiasi dengan raja-raja Bali dan Belanda saat itu berhasil mendirikan pusat perdagangan di pantai Kuta yang menjadi awal mula pantai ini mulai dikenal lebih luas.

Mads Johansen Lange, perintis kawasan wisata pantai Kuta (foto: wikipedia.com)

Melihat potensi tersebut, pada tahun 1987 Hugh Mabbett pun menerbitkan sebuah buku yang isinya mengajak warga lokal mendirikan berbagai fasilitas dan akomodasi untuk menyambut ledakan pengunjung yang akan berlibur ke pantai Kuta seperti penginapan, restoran hingga tempat hiburan. Buku ini berjudul “In praise of Kuta: From slave port to fishing village to the most popular resort in Bali”.

Buku In praise of Kuta karangan Hugh Mabbett yang terbit pada januari 1987 (foto: Amazon.com)

Berkat kedua tokoh tersebutlah kita mengenal pantai Kuta yang dulunya hanya sebuah desa para nelayan kini berubah menjadi sebuah pantai kelas dunia dengan berbagai resort berstandar international serta pusat hiburan ala barat yang bisa kita nikmati saat ini.

Keindahan dan Keunikan Pantai Kuta Bali

Bukan maskot wisata namanya jika tidak memiliki keunikan tersendiri. Jika pantai Sanur terkenal dengan sunrise atau matahari terbitnya yang “aduhai”, di pantai Kuta terkenal dengan fenomena sunset  atau matahari terbenam yang “seksi” guys.

Kuta Beach Sunset (foto: tommyschultz.com)

Bentangan pantai yang landai sepanjang 5 km serta pasir putih dengan tekstur yang halus juga menjadi daya tarik tersendiri di pantai Kuta Bali guys. Selain itu kebersihan disini juga terjaga dengan sangat baik. Jadi gak usah heran kalau pantai ini selalu penuh sesak oleh para bule yang berjemur dibawah teriknya matahari tropis.

Tak sampai disitu saja, pantai Kuta Bali juga terkenal dengan ombak yang cukup baik untuk berselancar. Terbukti banyak para permula di dunia surfing latihan di pantai ini loh. Dan bagi kamu yang belum pernah berselancar sebelumnya, disini banyak kok trainer yang siap membantu kamu.

Salah satu wisatawan mancanegara di Pantai Kuta Bali

Kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas di pantai kuta lainnya seperti bermain layangan, berenang hingga naik dokar yang banyak disewakan disana.

Hiburan di Pantai Kuta Bali Malam Hari

Tidak seperti kebanyakan wisata pantai yang pada umumnya hanya bisa dinikmati mulai pagi hingga sore hari, di Kuta pengunjung bebas memilih berbagai hiburan 24 jam penuh dari pagi hingga pagi lagi.

Hard Rock Kuta Cafe, salah satu pusat hiburan malam di kawasan wisata Kuta (foto: hardrock.com)

Di sepanjang jalan Kuta pada malam hari terdapat banyak sekali hiburan malam mulai dari diskotik, bar, cafe dan yang paling terkenal yaitu Hard Rock Kuta Cafe. Jadi buat kamu yang pertama kali mengunjungi Kuta jangan kaget karena tempat ini layaknya kota yang tidak pernah tidur.

Pilihan Transportasi dan Tiket Masuk Pantai Kuta

Seperti yang sudah dijelaskan di awal tulisan ini, kabupaten Badung luasnya sekitar 17,52 km2. Gak mungkin dong kalian menjelajahi tempat ini hanya dengan berjalan kaki, yang ada waktunya Cuma habis di jalan dan buat beli balsem karena pegal jalan kaki kemana-mana. Atau untuk lebih jelasnya bisa lihat peta lokasi kawasan wisata Pantai Kuta dibawah ini:

Dari peta diatas terlihat bahwa kawasan pantai Kuta cukup luas, oleh sebab itu sangat direkomendasikan untuk menggunakan kendaraan untuk berkeliling. Nah buat kamu yang berlibur ke pantai Kuta seorang diri atau bersama pasangan, paling lebih disarankan untuk menyewa kendaraan roda dua. Selain biayanya yang relatif murah berkisar Rp 100.000 – Rp 200.000 per 24 jam, kalian juga bebas bepergian tanpa harus terkena macet.

Bagi yang sedang berlibur bersama keluarga (3 orang atau lebih) lebih disarankan untuk sewa mobil. Silahkan di cari di google, banyak kok rental mobil di daerah Kuta. Tarifnya juga bervariasi mulai dari Rp 175.000 per 24 jam. Tarif ini tidak mengikat ya, semua tergantung jenis mobil dan belum termasuk driver alias setir sendiri.

Sedangkan untuk tiket masuk ke pantai Kuta sendiri tidak dikenakan restribusi alias gratis! Teman-teman hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp 5.000 bagi yang membawa mobil.

Kuliner dan Shopping Center

Bukan liburan namanya jika tidak menyempatkan mencicipi kuliner khas Bali serta belanja pernak-pernik untuk dijadikan oleh-oleh. Nah di kawasan wisata Kuta Bali, semua itu dapat kalian nikmati tanpa harus pusing dengan jarak yang jauh.

Untuk memanjakan lidah kalian tidak perlu jauh-jauh cari sana-sini karena di sepanjang jalan di Kuta sangat banyak penjual makanan mulai dari fast food, restoran mewah berbintang hingga warung pecel lele kaki lima.

Khusus buat teman-teman Muslim, sebaiknya cek dan ricek dulu sebelum makan di pinggiran pantai Kuta karena makan di Bali identik dengan babi. Jadi tidak ada salahnya jika bertanya terlebih dahulu makanan tersebut untuk semua golongan atau khusus untuk golongan tertentu saja (baca: haram).

Warung Makan Nikmat: Tempat makan khas Jawa yang enak dan halal di Kuta Bali

Dan untuk urusan belanja, kawasan Kuta tidak perlu diragukan lagi. Ada begitu banyak pilihan mulai dari yang berbau tradisional hingga mall mewah berada di area ini. Nah setidaknya ada 10 tempat belanja di Kuta Bali yang bisa kalian kunjungi antara lain:

  1. Jalan Legian
  2. Beachwalk Shopping Center
  3. Discovery Shopping Mall
  4. Lippo Mall Kuta
  5. Mall Bali Galeria
  6. Pasar Seni Kuta
  7. Krisna Sunset Road
  8. Park 23 Mall Kuta
  9. Transmart Carrefour
  10. Lippo Plaza Sunset Road Kuta

Itu dia guys informasi lengkap seputar wisata di pantai Kuta Bali. Semoga artikel ini membantu buat kalian yang berencana berlibur ke Bali khususnya pantai Kuta dalam waktu dekat ini. Oh iya selama berlibur kesini pastikan untuk menjaga kebersihan ya.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *